Kamis, 18 Januari 2018

Istilah Dasar Dalam Sepakbola PART 1

Banyak beberapa istilah dalam sepakbola yang perlu kita ketahui ada beberapa yang hanya sebagai pelengkap ada pula yang sangat penting dalam sepakbola ini, istilah ini ada kaitannya dengan aturan,perangkat maupun segala aspek dalam sepakbola.
Berikut istilah dasar dalam sepakbola :


1. Dribbling 

Hasil gambar untuk lionel messi dribbling

Dribbling atau biasa disebut dengan teknik menggiring bola sangat diperlukan dalam sepakbola karena ini merupakan aspek yang sangat penting, semua pemain sepakbola harus menguasai teknik ini karena berfungsi untuk membuat bola tetap dalam jangkauan kita.

Gerakan ini dilakukan dengan memakai kaki agar bisa sampai ke daerah tim lawan serta menerobos pertahanan pemain lawan Dan Pada saat di dalam permainan jika kamu tidak mendapati teman yang bisa dioper, kamu harus bisa menggiring bola tersebut. Selain itu, teknik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menggiring bola.

2.Kicking 
Hasil gambar untuk ronaldo free kick

Kicking atua biasa disebut dengan menendang bola. Pada dasarnya, terdapat 6 teknik menendang bola. Dan sebagian dari beberapa teknik itu sering kali kita lakukan, namun tidak banyak yang membutuhkan latihan tersendiri. Berikut ini teknik teknik menendang bola atau cara shooting sepak bola yang benar :
  1. Menendang bola dengan memakai ujung sepatu atau jari kaki
  2. Menendang bola dengan memakai tumit
  3. Menendang bola dengan memakai punggung sisi dalam kaki
  4. Menendang bola dengan memakai punggung kaki / kura-kura
  5. Menendang bola dengan memakai sisi luar kaki
  6. Menendang bola dengan sisi dalam kaki
3. Passing  
Teknik permainan sepak bola dengan menggiring bola atau istilah dalam permainan sepak bola disebut Dribbling merupakan gerakan dalam membawa bola. Gerakan ini dilakukan dengan memakai kaki agar bisa sampai ke daerah tim lawan serta menerobos pertahanan pemain lawan.
Kemampuan di dalam menguasai teknik dasar sepak bola untuk menggiring bola ini haruslah dipelajari oleh seorang pemain yang baik. Dikarenakan menggiring bola / dribbling termasuk skill individu yang harus dikuasai untuk setiap pemain.
Pada saat di dalam permainan kamu tidak mendapati teman yang bisa dioper, kamu harus bisa menggiring bola tersebut. Selain itu, teknik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola adalah menggiring bola.
Pada dasarnya, terdapat 7 teknik menendang bola. Dan sebagian dari beberapa teknik itu sering kali kita lakukan, namun tidak banyak yang membutuhkan latihan tersendiri. Berikut ini teknik teknik menendang bola atau cara shooting sepak bola yang benar :
  1. Menendang bola dengan memakai ujung sepatu atau jari kaki
  2. Menendang bola dengan memakai tumit
  3. Menendang bola dengan memakai punggung sisi dalam kaki
  4. Menendang bola dengan memakai punggung kaki / kura-kura
  5. Menendang bola dengan memakai sisi luar kaki
  6. Menendang bola dengan sisi dalam kaki
Berikut ini cara menguasai teknik menendang bola dengan memakai bagian dalam:
  1. Waktu menendang bola posisi badan condong ke arah bola
  2. Posisikan kaki bagian kiri bertumpu tepat di samping bola namun lutut agak sedikit ditekuk
  3. Pastikan tubuh agak sedikit condong ke arah belakang
  4. Untuk menjaga keseimbangan, agak tekuk sedikit kedua tangan di samping badan.
  5. Fokuslah pada arah bola serta pada target tembakmu.
  6. Arahkan bola tepat pada bagian tengahnya dengan memakai bagian dalam dari kaki.
  7. Lalu, ayunkan kaki kanan dari belakang menuju depan, lalu tendang bolanya dengan target bola berada pada bagian samping
  8. Sesudah menendang, tumpu berat badan ke kaki kanan ataupun yang digunakan untuk menendang.
  9. Mendarat dengan baik dengan cara dahulukan kaki kanan.
Cara shooting sepak bola yang benar sangatlah penting jika kamu ingin menjadi penyerang. Jadi, jika kamu ditanya bagaimana teknik menendang bola dalam permainan sepak bola. Maka jawaban persis seperti yang sudah dijelaskan tadi.

3. Passing
Hasil gambar untuk passing ball
Dalam penguasaan teknik mengumpan dan juga menerima bola adalah salah satu hal terpenting dalam permainan sepak bola. Siapa yang tidak dapat melakukan umpan atau dalam istilah sepak bola disebut passing, maka, sama halnya dengan tidak bisa bermain sepak bola.
Mengapa? Dikarenakan teknik mengumpan lebih efektif dibandingkan menggiring bola.
Berikut ini macam macam passing dalam sepak bola :
  1. Teknik umpan bola memakai kaki bagian dalam
  2. Teknik umpan bola memakai kaki bagian luar
  3. Teknik umpan bola memakai punggung kaki
Teknik dasar permainan sepak bola ini pada umumnya sering pakai guna memberikan bola pada jarak pendek. Yaitu diantara pemain dengan pemain yang lainnya.


4. Heading 
Hasil gambar untuk heading ball

Fungsi dari menyundul bola dalam sebuah permaina sepak bola yaitu membuang bola, mematahkan serangan lawan, mencetak gol dan mengoper. Banyak gol yang tercipta dalam sebuah permainan sepak bola dari hasil teknik menyundul bola.
Dalam teknik dasar sepak bola para pemain perlu mempelajari cara menyundul bola dengan menggunkan dahi. Bukan dengan memakai ubun-ubun kepala.
Pemain pun diharuskan sadar bahwasanya mereka yang akan menyundul bola, bukanlah bola yang tepat mengenainya. Ditinjau dari posisi badannya, menyundul bola bisa dilakukan sembari berdiri serta melompat atau meloncat.

5.  Sliding Tackle
Hasil gambar untuk sliding tackle
Teknik dasar sepak bola yang satu ini merupakan suatu gerakan guna merebut bola yang sebenarnya cukup rawan dalam melakukannya, sehingga berisiko memperoleh kartu pelanggaran. Teknik yang perlu dipelajari ialah meluncur dengan cara menjatuhkan badan ke rumput.
Kamu pun perlu lebih memerhatikan waktu yang tepat dalam melakukan sliding tackle. Karena, salah sedikit di dalam memperkirakan waktu, bisa memperoleh kartu dari wasit. Teknik dasar main bola yang satu ini juga sering dipakai oleh pemain belakang.
Hal yang tak dibolehkan dalam melakukan teknik dasar permainan sepak bola sliding tackle yaitu melakukannya tepat di belakang lawan. Atau mengangkat kaki ke atas pada saat melakukan tackle dan takcle dengan teknik menggunting. Karena hal ini melanggar peraturan permainan sepak bola.

6. Offside
Berkas:Offsidelarge.svg

Pertama kali offside ini merupakan hasil adopsi dari pertandingan rugby sejak tahun 1800an. Dan untuk pertama kalinya diterapkan pada pertandingan sepakbola sejak tahun 1985. Saat itu, seffield FC mengusulkan aturan yang melarang seorang penyerang berdiri di dekat gawang lawan. Jika penyerang tersebut menerima umpan dari temannya, maka dia berada dalam posisi offside.






3 komentar:

  1. Silakan Kunjungi Artikel Bola :

    Prediksi Bola Liverpool vs Wolves 12 Mei 2019
    Prediksi Bola Brighton vs Manchester City 12 Mei 2019

    Dan dapat Hubungi Kontak Kami +62-8122-222-995

    BalasHapus
  2. Dapatkan Pasaran Lengkap Disini Pasar Taruhan
    Gabung Dengan Partner Bola Terbaik Agen Sbobet

    Hubungi kami Sekarang Juga :
    WA: +6287785425244
    BBM: WINNING303
    LINE: WINNING303

    BalasHapus
  3. Fungsi dari menyundul bola dalam sebuah permaina sepak bola yaitu membuang bola, mematahkan serangan lawan, mencetak gol dan mengoper.

    https://depos128.net/2019/06/01/jadwal-arena-sabung-ayam-s128-live-sabtu-01-juni-2019/

    BalasHapus