Kamis, 18 Januari 2018

Posisi Dasar Dalam SepakBola


Sepakbola bukan hanya sekedar olahraga yang mengedepankan fisik dan keahlian dalam mengutak-atik bola, dibutuhkan juga strategi dalam olahraga ini untuk memenangkan pertandingan. Maka didalam sepakbola ada yang namanya FORMASI. ini dapat membantu pemain untuk menentukan posisi dalam bermain dan mempercantik kerjasama dalam bersepakbola.
Berikut adalah beberapa posisi yang ada didalam sepakbola :

1. Penjaga Gawang / Goal Keeper (GK)
Penjaga gawang adalah pemain yang posisinya berada paling belakang . Seorang penjaga gawang  dikenal identik dengan sarung tangannya. Penjaga gawang punya posisi istimewa dalam permainan sepak bola. Yaitu hanya dia yang bisa menyentuh bola dengan tangan, asalkan dia ada di dalam area penaltinya sendiri.
Penjaga gawang memiliki 4 peran yang bisa dilakukan dalam menjaga gawangnya agar tidak kebobolan, yaitu menyelamatkan, mengarahkan, mendistribusikan bola dan membersihkan. dari keempat peran tersebut banyak klub yang memilih menjadikan penjaga gawang sebagai kapten dari klub tersebut. 
2. Bek / Pemain Bertahan (Defender)                                                                                                      Bek atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan Defender adalah pemain yang menduduki posisi di daerah belakang dan berperan dalam membantu kiper atau penjaga gawang untuk mencegah terjadinya gol.
Salah satu tugas seorang bek adalah menjaga dan melindungi kiper ketika menguasai bola. Sehingga para pemain bertahan ini harus menganggap seorang kiper sebagai pemain penting yang tidak boleh sampai didekati oleh pemain penyerang dari tim lawan.
3. Gelandang (Midfielder)                                                                                                                        Gelandang atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Midielder adalah pemain yang diposisikan di antara para bek dan penyerang. Tugas seorang gelandang adalah menghubungkan antara bek dan  penyerang. Yaitu mencegah agar serangan lawan tidak sampai ke pertahanan dan menggiring bola sampai ke depan untuk diberikan kepada penyerang ketika tim dalam mode penyerangan.
Para pemain di posisi ini biasanya paling banyak menguras tenaga. Karena jarak tempuh mereka dalam permainan yang cukup jauh. Hal ini karena gelandang adalah posisi yang menghubungkan antara lini belakang (defenders) dan lini depan (strikers).
4. Penyerang (Forward)                                                                                                                            Penyerang atau Forward adalah pemain yang posisinya paling dekat dengan gawang lawan, dan tugas utamanya yaitu menciptakan gol. Tiga hal utama yang dibutuhkan oleh seorang pemain penyerang adalah teknik, kecepatan, dan bakat. Jika salah satu dari ketiga hal tersebut ada yang kurang, maka akan menjadi lebih susah untuk dapat menjadi pemain yang handal. Selain itu, naluri dan konsentrasi yang tajam pun dibutuhkan seorang pemain penyerang.
Dalam menjalankan tugasnya, pemain penyerang tidak mesti melakukan banyak pergerakan seperti halnya bek dan gelandang. Tapi, ketika teman timnya memberikan bola, dia harus bisa mengubahnya menjadi gol.

Diatas adalah Posisi Dasar Dalam Sepakbola Sebenarnya masih banyak macam posisi yang lebih spesifik dari beberapa point diatas, namun saya berikan hal dasarnya agar lebih mudah dipahami mungkin akan dibahas dalam postingan berikutnya.

Terimakasih.

1 komentar:

  1. iya gan memang benar tu, posisi dasar memang sangat penting bagi pemain sepak bola.

    http://sabungayam.life/

    BalasHapus