Kamis, 18 Januari 2018

Sejarah Sepakbola Di Indonesia Bagian 1

Image result for timnas indonesia


Lahirnya permainan sepakbola di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh bangsa lain yang mempraktekkan perdagangan maupun penjajahan yang terjadi di Indonesia. Yaitu China yang datang ke Indonesia untuk memperkenalkan permainan sepakbola. Ketika itu China mengenalkan permainan sepakbola guna membuktikan jika negeri tirai bambu (China) tidak mau kalah superior dengan negara-negara dari Eropa salah satunya Belanda. Selain bertujuan untuk melakukan perrdagangan, China juga memiliki andil yang cukup besar dalam sejarah sepakboladi Indonesia. Tercatat dalam masa tahun 1915, telah banyak terbentuk klub-klub sepakbola yang didirikan oleh masyarakat Tionghoa. Bahkan dalam tahun 1920, tim Tionghoa Surabaya & UMS Jakarta berhasil menjadi raja persepakbolaan Hinda Belanda (sebelum berganti nama menjadi Indonesia) yang pernah ikut serta di piala dunia pada tahun 1938.
 



dari peristiwa tadi , lahir lah badan yang bertujuan menaungi sepakbola di Indonesia , yaitu PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). PSSI dibuat pada 19 April 1930 di kota yogyakarta Bertujuan sebagai Informasi, Tim yang dikirimkan ke Prancis adalah tim bernama NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) adalah badan kerjasama yang dibentuk antara PSSI dan NIVB dan badan tersebut telah diakui oleh FIFA. Peristiwa kejadian tersebut bahkan menimbulkan hubungan tegang yang terjadi antara PSSI dan NIVU, hal tersebut dikarenakan Soeratin Sosrosoegondo yang lebih menginginkan pertandingan antara PSSI melawan NIVU harus terlebih dahulu diputuskan siapa saja yang bakal berangkat ke piala dunia.

Aktor penting dibalik sejarah berdirinya PSSI adalah 

Soeratin Sosrosoegondo pun yang berani memutuskan hubungan PSSI dengan NIVU secara sepihak, yang terjadi di kongres PSSI tahun 1938 di Solo, Hal ini sebenarnya buah kekesalan Soeratin karena di tiap keikutsertaan pertandingan sepakbola, Indonesia selalu menggunakan bendera NIVU (Belanda). Sepakbola di Indonesia sempat terhenti beberapa tahun ketika kedatangan Jepang yang berhasil mengenyahkan Belanda dari bumi pertiwi Indonesia. Jepang akhirnya memaksa PSSI untuk masuk menjadi bagian di Tai Iku Kai yaitu Badan olahraga di Jepang.

0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

Posting Komentar